Cara Mudah Meningkatkan Kemampuan Membaca Yang Tepat

membaca itu penting
bacalah maka engkau akan tambah tahu
Meningkatkan Kemampuan Membaca - dengan melihat perkembangan ilmu di jaman sekarang maka dibutuhkan teknik membaca yang tepat. Membaca merupakan salah satu jendela menggapai ilmu yang dimana dengan membaca kita akan mendapatkan informasi yang kita butuhkan. Perlu diingat juga bahwa menuntut ilmu itu wajib hukumnya jadi pastikan pelajarilah ilmu yang berguna dan bermanfaat dan mulailah biasakan budaya membaca yang tepat.

Untuk apa sih kita membaca? Membaca itu penting karena dengan membaca kita dapat memahami ide, dan menambah kemampuan menangkap makna dalam bacaan secara utuh. Dengan meningkatkan kemampuan membaca yang tepat kita dapat memperoleh pengalaman dari orang lain serta pengetahuan akan sesuatu hal dapat meningkatkan moral kita. Manfaat lain yang kita dapatkan dari membaca yaitu melatih kemampuan berpikir, mengasah kemampuan menulis, mendukung kemampuan berbicara didepan umum, serta sebagai sarana refleksi dan pengembangan diri.
Baca Juga: 

Pada saat membaca kita terkadang terganggu oleh situasi diri sendiri atau lingkungan. Gangguan situasi sendiri disebabkan perasaan emosi seperti perasaan galau, merasa lelah dan letih oleh karena itu pastikan bahwa perasaan kita sedang baik-baik saja. Sedangkan gangguan dari lingkungan yang gangguan ketika kondisi ramai, atau tempat yang kurang nyaman, terjadi bencana alam, teman  kosan jahil, kakak adik yang jahil dan sebagainya yang berasal dari luar.. hehe maaf sedikit lebay yah?.

Perlu kita tahu bahwa gangguan tersebut baik dari dalam diri sendiri maupun dari luar (lingkungan) sangat mempengaruhi kualitas membaca kita, sehingga informasi yang kita dapatkan tidak maksimal kita pahami dan bahayanya jika nanti sampai gagal paham. Oleh karena itu  kita harus menghindari hal-hal yang dapat mengganggu ketika kita membaca. 

gimana sih cara yang tepat dan mudah meningkatkan kemampuan membaca kita ? Ok sekarang penulis akan menjelaskan informasi tentang cara yang tepat untuk membaca secara tepat cepat dan akurat. Perhatikan langkah yang tepat membaca cepat berikut ini:
  1. Meningkatkan daya konsentrasi.
    Konsentrasi adalah pemusatan pikiran dan perasaan. Pada saat membaca kita hendaknya berkonsentrasi penuh terhadap bahan bacaan (objek) dengan memasang wajah kamu dengan tenang atau memandang teks dengan tenang. Semakin tinggi daya konsentrasi semakin baik kualitas membaca kita. Setiap orang tentu memiliki kualitas konsentrasi yang berbeda beda, oleh karena itu jika kualitas konsentrasi kita tergolong lemah maka alangkah baiknya berhenti melakukan melakukan beberapa aktivitas (multy-tasking) saat bersamaan seperti membaca sambil melihat televisi, mendengarkan musik, dan sebagainya serta alangkah baiknya kita mencoba meningkatkan daya konsentrasi dengan pola hidup yang sehat seperti melakukan olahraga, mengkonsumsi makanan yang baik untuk nutrisi otak, bersosialisi, melatih mental, istirahat yang cukup, serta jangan terlalu memikirkan banyak hal yang tidak penting. 
  2. Bacalah sekilas materi yang akan dibaca
    Salah satu cara paling efisien untuk mempercepat proses membaca anda adalah dengan membaca sekilas materi sebelum kita membacanya. Hal ini akan membantu kita melihat tema teks dan membantu anda memutuskan apakah teksnya layak dibaca sepenuhnya. Untuk mendapat pratinjau materi, cobalah membaca seluruh teks di paragraf pertama, kalimat pertama serta kalimat terakhir di setiap paragraf kedua sampai dengan seterusnya, dan seluruh teks di paragraf akhir. Dengan cara ini, anda bisa mengerti sekilas materi tanpa menghabiskan waktu untuk hal yang tidak perlu.
  3. Mengurangi regresi.
    Hindari kebiasaan mengulang-ulang(regresi) kata, frasa, atau bagian tertentu dari suatu bacaan ketika membaca baik disengaja maupun tidak disengaja. Beberapa orang melakukan regresi karena mereka kehilangan kata-kata yang baru saja mereka baca dan kembali keawal paragraf untuk mencari kembali kata-kata tersebut hanya untuk memastikan bahwa mereka telah membaca sesuatu yang benar sehingga pemahaman mereka terhadap materi keseluruhan yang dibaca menjadi menurun. Kita dapat menghindari hal ini dengan menggunakan petunjuk untuk menandai tempat saat membaca dengan kartu indeks, pena, atau jari.
  4. Menghilangkan kebiasaan bergerak.
    Biasaan ketika membaca kamu tidak melakukan gerakan tertentu. Misalnya, menggerakan bibir (bersuara atau komat-kamit), menggerakan anggota badan, dan sebagainya.
  5. Berlatih setiap sehari sedikit demi sedikit
    Kebanyakan kemampuan yang diperlukan untuk menaikkan kecepatan membaca tidak datang secara alami pada kita, jadi kita perlu melatihnya setiap hari hingga merasa nyaman untuk membaca. Oleh karena itu latihan singkat itu penting selama 15-20 menit per hari dapat membuat perbedaan besar pada kecepatan membaca anda umumnya.
#Selamat_mencari_ilmu_dengan_budayakan_membaca

referensi :
http://id.wikihow.com/Membaca-Lebih-Cepat


Terimakasih telah mengunjungi situs curansongho yang berisi curahan informasi seputar kehidupan, Semoga bisa bermanfaat untuk para pembaca semua. Jangan lupa LIKE page Facebook kami untuk mendapatkan "CURAHAN INFORMASI TERBARU". Dan kami juga mengucapkan terimakasih jika Anda menyebarkan Informasi yang bermanfaat ini ke teman-teman atau kepada kerabat lainnya dengan mengklik tombol jejaring sosial media dibawah ini.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Mudah Meningkatkan Kemampuan Membaca Yang Tepat"

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan bijak dan sesuai dengan topik pembahasan !