Inilah 7 Cara Yang Penting Untuk Meraih Hidup Bahagia, Sukses, dan Berkah

meraih hidup bahagia sukses berkah

Meraih Hidup Bahagia, Sukses, dan Berkah merupakan impian setiap orang. Namun untuk mencapai hal tersebut tidaklah mudah, butuh usaha untuk mewujudkannya. Ada Orang yang sukses dalam mencari harta dalam arti dia kaya raya namun kesuksesannya tidak berkah serta dia  tidak merasa bahagia karena hatinya selalu gundah atau penyakit datang setiap saat. Sementara itu, ada juga orang yang setiap hari hanya mampu memenuhi kebutuhan hidupnya saja bahkan terkadang jauh dari kata terpenuhi namun Allah subhanahu wata'ala selalu memberikan kebahagiaan serta memberikan kesehatan sehingga dia selalu menggapai ketenangan jiwa serta jauh dari kegelisahan batin.
Bagaimana sih cara meraih hidup yang tidak hanya sekedar sukses saja melainkan meraih hidup yang  bahagia, sukses, dan juga berkah? Dari permasalahan diatas maka disini penulis mencurahkan infomasi yang semoga dapat membantu dalam meraih hidup bahagia, sukses, dan berkah.

Oke langsung saja, inilah 7 cara yang penting untuk meraih hidup bahagia, sukses, dan berkah dengan mengamalkan tujuh sunnah Rasulullah yang perlu dijaga  antara lain berikut ini:
  1. Senantiasa Kekalkan Wudhuk
    Wudhu adalah salah satu cara untuk menyucikan diri dari hadast kecil. Orang yang menjaga Wudhunya akan disayangi oleh Allah. Kata Khalifah Ali bin Abu Thalib, "Orang yang selalu berwudhu senantiasa ia akan merasa selalu sholat walau ia sedang tidak sholat, dan dijaga oleh malaikat dengan dua do’a (ampuni dosa dan sayangi dia ya Allah)".
  2. Istighfar Setiap Masa
    Istighfar ialah memohon ampunan dari Allah atas segala dosa dan kesalahan yang telah dilakukan dan berjanji kepada Allah tidak akan mengulangi kesalahan tersebut. Allah SWT berfirman, "Dan Allah tidak sekali-kali akan menyiksa mereka, sedang engkau (wahai Muhammad) ada diantara mereka, dan Allah tidak akan menyiksa mereka sedang merek beristighfar (meminta ampunan)"[Al-Anfal:33]
  3. Membaca Alqur’an Sebelum Terbit Matahari
    Membaca Alqur’an merupakan salah satu sunnah Rosulullah terutamanya membaca Al-Qur’an pada waktu sebelum terbitnya matahari. Besar pahala bagi orang yang membaca Al-Qur’an dan memahami isinya. Jadikanlah Al-Qur’an sebagai panduan hidup dan jangan jadikan sebagai bacaan-bacaan saja. Jadikanlah Al-Qur’an sebagai bacaan, panduan dan membudayakan dalam setiap perkara dalam kehidupan kita.
    Allah SWT berfirman, "Sesungguhnya Al-Qur’an ini member petunjuk ke jalan yang amat benar (agama Islam), dan memberikan berita yang menggembirakan orang-orang yang beriman yang mengerjakan amal-amal soleh, Bahwa mereka memperoleh pahala yang besar."[Al-Isra:9]
  4. Sholat Jamaah Di Masjid atau Musholah
    Sholat yang lebih baik adalah sholat berjama’ah di masjid, karena pahala orang yang sholat berjama’ah di masjid sangat besar dan pahalanya dihitung pada setiap langkahnya ke masjid dan ia juga akan memperolehi pahala sebanayak 27 kali pahala. Namun itu harus semata-mata mencari Ridho Allah.
    Nabi Muhammad SAW bersabda, "Sungguh, alangkah ingin aku menyuruh (para sahabat) melakukan sholat, dan aku suruh seseorang untuk mengimaninya, kemudian aku pergi bersama beberapa orang yang membawa beberapa ikat kayu api menuju (rumah) orang-orang yang tidak ikut sholat berjamaah, untuk membakar rumah mereka dengan api ".
  5. Melakukan Sholat Dhuha
    Sholat Sunnah Dhuha adalah sholat yang sangat dianjurkan oleh Rosulullah SAW kepada Umatnya, karena banyak kelebihan dari Sholat Sunnah Dhuha. Diantara kelebihannya ialah pintu rejeki dibuka dan dimurahkan rezeki. Waktu sholat sunnah Dhuha ialah dari naik matahari sampai sepenggalah dan berakhir diwaktu matahari tergelincir.
    Rasulullah SAW pernah bersabda, "Pada tiap-tiap pagi lazimkanlah atas tiap-tiap ruas anggota seseorang diantara kamu bersedekah, tiap-tiap tahlil satu sedekah, tiap-tiap takbir satu sedekah, menyuruh berbuat baik satu sedekah, dan cukuplah (sebagai ganti) yang demikian itu dengan mengerjakan dua rakaat sholat Dhuha".(Hadis riwayat Al-Bukhari dan Muslim).
  6. Sholat Tahajjud
    Sholat Tahajjud ialah sholat apabila terjaga daripada tidur malam. Sebaik-baiknya 1/3 malam yang terakhir ialah sekitar jam 3 atau 4 pagi. Jumlah rakaat sekurang-kurangnya 2 rakaat. Diantara fadillahnya :
    • Mendapatkan perlindungan Allah dan menampakkan kesan ketaatan diwajahnya
    • Dikasihani oleh para ahli ibadah dan orang mukmin
    • Percakapannya menjadi hikmah dan bijaksana
    • Dimudahkan hisab ke atasnya
    • Mendapatkan catatan amal dari tangan kanan
    Allah SWT berfirman, "Dan bangunlah pada sebagian dari waktu malam serta kerjakanlah sembahyang tambahan bagimu, semoga Tuhanmu membangkit dan menempatkanmu pada hari akhirat di tempat yang terpuji"(Al-Isra:79).
  7. Senantiasa Bersedekah
    Sedekah ialah seseorang itu mengorbankan sedikit hartanya untuk diberikan kepada orang yang memerlukan dengan hati dan perasaan yang ikhlas karena Allah. Bagi orang yang rajin bersedekah, Allah akan gandakan setiap sedekahnya dengan rezeki yang melimpah.
    Allah SWT berfirman, "Dan jangan sekali-kali orang yang kikir dengan apa yang diberikan Allah kepada mereka dari karunia-Nya mengira bahwa (kikir) itu baik bagi mereka, padahal (kikir) itu buruk bagi mereka. Apa (harta) yang mereka kikirkan akan dikalungkan (dilehernya) pada hari kiamat. Milik Allah-lah warisan (apa yang ada) dilangit dan dibumi. Allah maha teliti atas apa yang kamu kerjakan."(Q.S Ali Imran:180)
Sekian informasi yang penting mengenai 7 sunnah Rasulullah SAW yang dianjurkan untuk umatnya untuk meraih hidup bahagia, sukses, dan berkah. Jangan lupa juga untuk senantiasa mendekatkan diri kepada Allah yang telah memberikan hidup kepada kita sekaligus mendekatkan diri dengan sesama umat sebagai bentuk sosialisasi kita sebagai makhluk sosial. InsyaAllah kita bisa mengamalkannya dan kita bisa mendapatkan manfaatnya di kehidupan sekarang dan yang akan datang.

Wallahu a'lam.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Inilah 7 Cara Yang Penting Untuk Meraih Hidup Bahagia, Sukses, dan Berkah "

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan bijak dan sesuai dengan topik pembahasan !