Jomblo, Dengarkanlah Curahan Ini Untuk Menjalani Kehidupanmu Yang Bahagia


hidup jomblo

Apa sih JOMBLO? Bukankah itu kata yang tak asing ditelinga kita? Yups, betul sekali. Apalagi para jombloers pasti tahu dong, ya kan?Hihihihi.. Jomblo merupakan sesosok makhluk baik cowok ataupun cewek yang belum memiliki pasangan hidup walau sudah cukup umur.
Mendengar kata itu kayaknya ngenes banget, ya kan? Jadi korban bully-an, kemana-mana sendiri, ngelihat orang gandengan jadi pengen gandengan juga, makan sendiri, tidur sendiri, dan lain sebagainya lah pokoknya.
Baca Juga:
Tapi jangan berkecil hati dulu yah, Mblo! Coba kau lihat dan perhatikan orang pacaran sebelum proses pernikahan yang sah. Kenapa? Putus-nyambung ujung-ujungnya nggak serius ijab qabul, udah dipegang-pegang setelah gitu ditinggalin, belum lagi yang LDR (Long Distance Relationship) atau hubungan jarak jauh cuma bisa menahan rindu bahkan nyampe ada yang gak kuat akhirnya mau aja ditikung sesosok lainnya, yang bertahun-tahun jadian dan sudah berkorban mati-matian tahu-tahunya dipelaminan jadi pendamping hidup orang lain, dan masih banyaklah cerita ngenes-ngenes yang dialami oleh mereka.
Oleh sebab itu, hidup JOMBLOERS, hahahahaha.. Buat yang masih jomblo mestinya bahagia karena bisa terhindar dari dosa pacaran (langkah awal mendekati zina).

Hikmah Jomblo:

Ternyata jomblo itu ada hikmahnya loh, yakni antara lain sebagai berikut:
  • Jomblo itu dapat menghindarkan diri dari kemaksiatan dan zina.
  • Bisa menghemat kebutuhan pulsa atau kuota. Kita tidak perlu pusing mikirin beli pulsa buat sekedar bales SMS seperti "lagi apa?", "Udah makan belum?", "Udah tidur belum?", dan lain sebagainya.
  • Jomblo itu menjadikan kita hemat uang. Kita tidak susah payah membelikan kado ultah buat pacar yang belum tentu jodoh kita.
  • Bisa mengatur hidup buat hal yang lebih baik, serta nggak dibikin pusing oleh jadwal jalan sama si doi yang mungkin bentrok sama jadwal kita yang lain.
  • Bebas melakukan apa aja, berteman dengan siapa saja, teleponan dengan siapa saja, SMS dengan siapa saja, serta Whatsapp dan bbm sama siapa saja tanpa ada yang cemburuin kita.
  • Kita bisa lebih fokus sama masa depan atau cita-cita yang hendak dicapai.

Tips Jadi Jomblo Bahagia :

Oke,selanjutnya penulis akan mencurahkan informasi yang penting mengenai tips supaya bahagia saat menjalani masa jomblo kita antara lain sebagai berikut:
  • Pikirkan visi dan misi buat masa depan kita.
  • Selalu tersenyum dalam kondisi apapun.
  • Jangan berpikiran negatif. Jomblo merupakan suatu kebanggaan, buktikan kalo jomblo itu bisa mandiri.
  • Fokuslah pada sesuatu yang benar-benar penting untuk masa depan.
  • Bersyukurlah menjadi jomblo sampai halal karena bisa terhindar dari dosa sehingga orang tua kita tidak terkena imbas dosa tersebut
  • Mempelajari ilmu agama dengan sepenuh hati sehingga kita akan tahu panduan hidup yang sebenar-benarnya.
  • Apabila merasa gegana (gelisah galau merana), kita bisa mendengarkan lantunan Al-Qur’an maupun membaca dan memahami makna yang terkandung dalam Al-Qur’an tersebut sehingga hati akan tentram, damai, dan tenang.
  • Dekatkan diri ke Tuhan yang menciptakan seluruh alam jagad raya ini.
  • Tekuni hobi kita, syukur-syukur dari hobi kita bisa menghasilkan uang.
  • Ikut berorganisasi. Hal ini bisa menambah jaringan pertemanan loh, tidak punya pacar tapi punya banyak temen pasti lebih seru. Sebagai catatan pacar belum tentu jadi suami/istri Kamu.
  • Jikalau iri melihat teman pacaran, usahakan selalu ingat bahwa pacaran itu mendekati zina.
  • Tanamkan prinsip bahwa pacaran itu merugikan.
  • Jauhi sesuatu yang bisa mempengaruhi kamu untuk berpacaran sebelum pernikahan.
  • Ingat cari uang itu gak gampang, gunakan uang itu sebaik-baiknya seperti buat amal maupun membantu orang yang benar-benar membutuhkan.
  • Dekatkan diri dengan orang-orang terdekat baik teman, keluarga maupun saudara kita walau hanya sekedar duduk tanpa obrolan
  • Cari Kesibukan, karena biasanya orang nganggur itu dikerumuni bisikan setan sehingga bisa jadi membuat kita berpikir negatif.
  • Istiqomah dan tawakal

Kumpulan ayat Al-Qur’an dan hadist yang berkaitan tentang permasalahan ini:

Allah SWT berfirman: “Dan janganlah kamu mendekati zina; sesungguhnya zina itu adalah suatu perbuatan yang keji dan suatu jalan yang buruk”. (QS. Al-Isra’: 32)

Rasulullah SAW bersabda: “Takutlah berbuat zina, karena dalam zina ada empat hal (yang membahayakan), yaitu: dapat menghilangkan cahaya wajah; dapat memutuskan rezeki; murka Allah; dan kepastian kekal di neraka”. (HR. Thabrani)

Rasulullah SAW bersabda: “Wahai sekalian para pemuda, barang siapa diantara kalian telah mampu untuk menikah maka hendaknya ia menikah, karena menikah dapat lebih menundukan pandangan, dan lebih menjaga kehormatan. Barang siapa yang belum mampu menikah maka hendaklah ia berpuasa, karena puasa adalah penjaga baginya”. (HR. Bukhari dan Muslim)

Allah SWT berfirman: “Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan?” (QS. Ar-Rahman:16)

Kesimpulan mengenai jomblo:

Jomblo itu bukan berarti tidak boleh mencintai, tentu saja kita boleh mencintai, tapi alangkah lebih baik kalau cinta itu berkualitas. Dalam arti, cinta itu digunakan untuk mencintai orang atau sesuatu yang bermanfaat, dan tentunya berguna untuk kita selama masih hidup sampe mati.
Dan juga bukan berarti kita harus jomblo selamanya loh. Ada saatnya kita nggak ngejomblo lagi. Pada akhirnya kita bakal berpasangan kok karena pada dasarnya makhluk diciptakan berpasangan. Jadi kalau mau serius cepatlah nikah, namun apabila belum siap ya puasa. So Tenang aja, be calm.., OK!

Demikian curahan mengenai hikmah dan tips menjadi jomblo bahagia. Mulai sekarang janganlah jadi jomblo ngenes, tapi jadilah jomblo sampe sah ke KUA atau jomblo fisabilillah, nggih..! Semoga bisa menjadi pencerahan buat jombloers dan semoga para jomblo happy cepat diberi rejeki serta jodoh, Amiin.. :D

#jomblo, #jomblo_bahagia, #jomblo_sampai_halal
#Be happy and positive thinking, ya!

referensi:
Rahman, Radinda, dan @misterkomedi. 2015. curahan perasaan & humor golongan jomblo extraordinary. Wahyu Qolbu: Jakarta.

Terimakasih telah mengunjungi situs curansongho yang berisi curahan informasi seputar kehidupan, Semoga bisa bermanfaat untuk para pembaca semua. Jangan lupa LIKE page Facebook kami untuk mendapatkan "CURAHAN INFORMASI TERBARU". Dan kami juga mengucapkan terimakasih jika Anda menyebarkan Informasi yang bermanfaat ini ke teman-teman atau kepada kerabat lainnya dengan mengklik tombol jejaring sosial media dibawah ini.

Subscribe to receive free email updates:

11 Responses to "Jomblo, Dengarkanlah Curahan Ini Untuk Menjalani Kehidupanmu Yang Bahagia"

  1. Replies
    1. ya dimasukin atuh..
      kenapa banyak yang marah baca ini yah.. hihi

      Delete
  2. Thanks bro.. jadi bahagia lngsung dengernya..:D

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha.. selamat anda tergolong jomblo bahagia (jomblo happy). :D

      Delete
  3. Jadi jomblo juga tetap bisa bahagiakan
    jalani dan nikmati dengan penuh tasa syukur

    ReplyDelete
    Replies
    1. yups.. betul sekali mba maya. tentu kita bisa bahagia seperti yang dijelaskan diatas mengenai hikmah jomblo. :D

      Delete
  4. kalau saya beda lagi nih gan, Pacaran rasa jomblo, hehehe karna masing masing sibuk kerja dan kami di pertemukan karena di jodohkan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bagus itu gan. Berarti itu tahap taaruf. lanjutkan semoga kalian kelak jadi jodoh sampai akhirat. :D

      Delete
  5. Saya jomblo tapi saya bahagia karena enggak perlu menyakiti cewek :v

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar dengan bijak dan sesuai dengan topik pembahasan !