Pesona Wisata Kaligua Di Kabupaten Brebes Jawa Tengah

wisata kaligua brebes

Pesona Wisata Kaligua Di Kabupaten Brebes Jawa Tengah - ditengah kesibukan rutinitas sehari-hari entah kerja ataupun sekolah pasti ada waktu buat liburan. Enaknya kemana nih liburan? Pada kesempatan kali ini penulis mencurahkan kisahnya saat mengisi waktu liburan menuju tempat Wisata Kebun Kaligua untuk merelaksasikan pikiran. 

Wisata Kaligua adalah kawasan wisata agro daratan tinggi yang terletak di Desa Pandansari, Kecamatan Paguyangan Kabupaten Brebes, Jawa Tengah. Perkebunan teh Kaligua berada pada ketinggian 1200 s/d 2050 m dari permukaan laut, sehingga kondisi udara sangat dingin berkisar 8-22 °C pada musim hujan dan mencapai 4-12 °C pada musim kemarau dan hampir diselimuti kabut tebal.


Agrowisata Kaligua ini dikelola oleh PT Perkebunan Nusantara IX (Persero) Jawa Tengah. Perusahaan ini membudidayakan tanaman karet, Teh, Kopi, Tebu, agrowisata. Perkebunan teh Kaligua merupakan warisan pemerintah kolonial Belanda. Pabrik dibangun pada tahun 1889 untuk memproses langsung hasil perkebunan menjadi teh hitam. Wisatawan yang berkunjung dapat menikmati hangatnya teh hitam Kaligua di situ atau dapat membelinya untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh. 

Untuk mencapai Kawasan Agrowisata Kaligua tergolong cukup ekstrim karena jalannya yang menaik dan menurun yang panjang sehingga harus ekstra hati-hati terutama untuk lintasan yang menurun. Oleh karena itu untuk menghindari hal yang tidak diinginkan alangkah baiknya sering-sering siram rem cakram kendaraan kita apabila kanvas rem yang sudah tipis terutama untuk motor matic.  Karena dari pengalaman penulis saat melintasi lintasan menurun yang panjang saat pulang mengalami rem blong, entah karena kanpas rem udah tipis atau kondisi yang panas akibat gesekan terus menerus.
menuju kaligua menuju kaligua 2 menuju kaligua 3 menuju kaligua 4

Agrowisata Kaligua ini merupakan kebun yang memiliki pesona pemandangan yang indah. Dari sepanjang perjalanan mata sudah dimanjakan oleh keindahan pegunungan sekitar, apalagi setelah sampainya di tempat lokasi perkebunan yang memiliki pesona pemandangan yang hijau, asri, alami, serta sejuk pastinya.
perkebunan teh kaligua
Perkebunan Teh Kaligua Brebes 
perkebunan teh kaligua

Kawasan Agrowisata Kaligua memberikan banyak pilihan untuk wisata loh, selain kebun teh juga terdapat beberapa situs wisata menarik seperti Gua Jepang, Tuk Benih, Gua Angin, serta makam Van De Jong (warga Belanda yang mengelola kebun ini pada dahulu kala). Tidak jauh dari kawasan tersebut, disekitaran Pandansari tepatnya di tengah hutan lindung  terdapat sebuah tempat wisata yang tergolong langka yaitu Telaga Ranjeng. 
Sekian curahan penulis mengenai Pesona Wisata Kaligua, supaya gak penasaran silahkan kunjungi tempatnya. Selamat berpiknik ria bersama keluarga maupun temen yah biar gak pucet dan memahami betapa besar kuasa sang pencipta .. hehehe 😊

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Pesona Wisata Kaligua Di Kabupaten Brebes Jawa Tengah"

  1. ternyata kaligua bagus juga ya, makasih informasinya

    ReplyDelete
  2. iya begitulah.. masih banyak lagi tempat wisata di Brebes loh :)

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar dengan bijak dan sesuai dengan topik pembahasan !